Rabu, 07 Januari 2009

Musik

Semua orang pasti suka musik, semua punya jenis musik kesukaan, semua punya idola musik masing2..

Suatu waktu, saat kejadiaan aacc, semua orang tiba2 mempermaslahkan musik, khususnya musik underground, dan saat itu gw baca salah satu artikel. artikelnya sih biasa aja, tapi di akhir artikel ada sebuah kutipan yang menarik. "Musik tidak hanya sekedar alunana nada, namun pada satu waktu membawa manusia kepada kepuasan metafisik".

Memang agak aneh, musik membawa kepuasan metafisik, yang notabene metafisik adalah sebuah kekuatan yang tidak bisa dijelaskan, diluar pemahaman manusia, atau kadang ada yahg menghubungkan dengan hal gaib.

Mungkin yang dimaksud pernyataan diatas itu , keterlibatan secara chemistry terhadap suatu musik. Keterlibatan perasaan, pikiran dan jiwa. Kalo gw, terkadang ketika mendengarkan sebuah musik, seperti terbawa dalam suatu dunia yang lain, yang kadang memenuhi bagian jiwa, mungkin ini yang disebut membawa kepuasan metafisik, soalnya gw ga bisa jelasin apa yang gw lihat dan rasakan, tapi gw bisa rasakan rasa puas.

For example, when i hear coldplay, musik2 mereka seperti clocks, shiver, speed of sound seperti membawa ke dunia penuh dentuman, energi dan kaya gw bisa melepasakan semua energi gw yang tersimpan percuma. Kalo menurut gw, ketika denger coldplay, membawa gw akan bayangan masa depan. Atau ketika ketika gw denger lagu Transparent and Glasslike dari Carpark North, ini mah gw merasakan energi destruktif, puas banget.

Menutur gw, kita cuma bisa rasain kepuasan seperti itu, hanya pada lagu2 yang secara tidak langsung, menyatu ama jiwa kita. Jangan harap merasakan kepuasan ini kalo kita denger lagu itu hanya karena sedang tren, contohnya, lagi tren emo ikut suka emo, lagi tren swing jazz ikut denger swing jazz, itu mah posser atuh....

Tapi yang penting kita bisa nikmatin apa yang kita denger, musik itu kaya kopi, kalo kita ga bisa nikmatin percuma didengerin, dan terkadang musik itu kaya cerita novel, kita bisa membayangkan sesuatu hanya dengan mendengar nada dan lirik serta dentuman musik yang mengalun. Bedanya novel menggiring kita untuk membayangkan sesuatu dengan uraian kata yang bersatu menjadi kalimat..

Jadi apa musik kalian, yang bisa membawa kalian ke keadaan trance??? Melihat dunia yang tidak pernah dilihat, dan hanya bisa kalian rasakan saat mendengar musik tersebut..!!!!


Bandung 4 Januari 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar